Seleksi Masuk Jalur Mandiri: ITS Pakai UTBK, UPN Tes Tulis Mandiri

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Seleksi Masuk Jalur Mandiri: ITS Pakai UTBK, UPN Tes Tulis Mandiri

@KontenTerkini
Jumat, 12 Juli 2019

KONTENTERKINI.COM - Peserta jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) yang tidak lolos tidak perlu khawatir. Kesempatan masuk PTN masih terbuka lebar melalui jalur mandiri. Pendaftaran jalur mandiri di sejumlah PTN pun masih berlangsung. Misalnya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur.

Direktur Akademik ITS Siti Machmudah mengatakan, pendaftaran jalur program kemitraan dan mandiri (PKM) masih dibuka hingga hari ini. Kuota yang disediakan tahun ini 1.261 kursi atau 30 persen dari total mahasiswa baru yang diterima. ’’Pendaftar sementara hari ini (kemarin, Red) mencapai 8.617 kursi,’’ katanya.

Program kemitraan diberikan untuk siswa SMA sederajat sesuai dengan persyaratan yang ditentukan ITS dan rekomendasi instansi mitra. Baik perusahaan maupun pemerintah daerah. Harus ada nota kesepahaman dengan ITS berupa memorandum of understanding (MoU) dan memorandum of agreement (MoA). Sementara itu, program mandiri diberikan untuk siswa SMA sederajat yang berminat masuk ITS.

Machmudah menjelaskan, dalam proses seleksi program PKM, ITS tidak memberlakukan tes tulis secara mandiri, namun hanya menggunakan hasil nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Selain nilai UTBK, ada tambahan nilai rapor, prestasi, dan esai deskripsi diri yang akan menjadi pertimbangan dalam proses seleksi. ’’Jadi tidak ada tes tulis lagi. Hanya dengan UTBK yang digunakan untuk seleksi SBM PTN,’’ ujarnya.

Sementara itu, pendaftar jalur mandiri di UPN Veteran Jawa Timur terus meningkat. Berdasar data yang dihimpun per kemarin (11/7), pendaftar jalur mandiri telah mencapai 2.305 orang. ’’Rata-rata setiap hari hampir 500 pendaftar,’’ kata Rektor UPN Veteran Jawa Timur Prof Akhmad Fauzi.




Fauzi mengatakan, UPN berencana memperpanjang jadwal pendaftaran jalur mandiri. Sebelumnya, pendaftaran jalur mandiri UPN dijadwalkan berakhir pada 13 Juli. ’’Akan diperpanjang hingga 18 Juli. Itu atas permintaan masyarakat,’’ jelasnya.

Berbeda dengan ITS, seleksi jalur mandiri UPN Veteran Jawa Timur tahun ini menggunakan tes tulis yang digelar internal kampus. Tujuannya, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa masuk PTN. ’’Kami menggunakan tes tulis sendiri. Soal-soal dibuat oleh UPN Veteran Jatim sendiri,’’ ujarnya.

Tahun ini, UPN Veteran Jatim membuka kuota jalur mandiri 1.098 orang. Itu terbagi menjadi tiga pola jalur. Yakni, mandiri reguler, prestasi, serta kemitraan dan kerja sama institusi.

Fauzi menuturkan, tes tulis dilakukan untuk dua kelompok. Yakni, sains dan teknologi (saintek) serta sosial dan humaniora (soshum). Setiap peserta ujian hanya dapat memilih dua prodi dalam kelompok ujian yang sama. ’’Tidak boleh lintas kelompok ujian,’’ tuturnya.

Sumber : Jawa Pos

__________________
Ikuti kami di FANSPAGE, klik : facebook.com/KONTENTERKINI
Baca Juga