Profil Universitas Islam Madinah -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Profil Universitas Islam Madinah

@KontenTerkini
Selasa, 23 Juli 2019


KONTENTERKINI.COM - Universitas Islam Madinah adalah universitas negeri di Arab Saudi yang bernaung di bawah Departemen Pendidikan Arab Saudi, ia didirikan pada tahun 1381 H. Universitas Islam Madinah adalah Lembaga Islam bertaraf internasional yg dimiliki oleh Negara Saudi Arabia.

Saat ini Universitas Islam Madinah memiliki lima fakultas:

1- Fakultas Syariah
Fakultas ini bertujuan untuk memperdalam Ilmu Fikih dan Ushul Fikih, serta menguasai berbagai Ilmu Syari'at dan ilmu pendukungnya.
Dalam fakultas ini terdapat jurusan-jurusan berikut
A. Jurusan Fikih
B. Jurusan Ushul Fikih
C. Jurusan Peradilan
D. dan Siyasah Syar'iyah
Fakultas Syariah menawarkan gelar sarjana (S1) untuk Ilmu-ilmu Syariat Islam, gelar diploma tinggi untuk jurusan peradilan dan Siyasah Syar'iyah, gelar master (S2) dan gelar doktor (S3) dalam disiplin ilmu yang ada.

2- Fakultas Dakwah dan Ushuluddin
Fakultas ini bertujuan untuk memperdalam Aqidah Islam dan menguasai berbagai ilmu syari'at serta ilmu-ilmu pendukungnya.
Dalam fakultas terdapat jurusan-jurusan berikut:
A. Jurusan Akidah
B. Jurusan Dakwah
C. Jurusan Sejarah Islam
D. Jurusan Pendidikan
Fakultas ini menawarkan gelar sarjana (S1) untuk jurusan dakwah dan ushuluddin, gelar diploma tinggi untuk jurusan dakwah, gelar master (S2), dan gelar doktor (S3) dalam disiplin ilmu yang ada.

3- Fakultas Al-Qur'an dan Study Islam
Fukultas ini bertujuan untuk memperdalam Al-Qur'an dan Ilmu-ilmu Al-Qur'an, baik secara hapalan maupun tafsirnya, disamping juga menguasai berbagai Ilmu Syari'at dan ilmu-ilmu pendukungnya.
Dalam Fakultas ini terdapat jurusan-jurusan berikut:
A. Jurusan Qira'at
B. Jurusan Tafsir
Fakultas ini menawarkan gelar sarjana (S1) untuk Jurusan Qira'at dan Study Islam, gelar master (S2), dan gelar doktor (S3) dalam disiplin ilmu yg ada.

4- Fakultas Hadits dan Study Islam
Fakultas ini bertujuan untuk memperdalam dan mengkhidmah Hadits dan Ilmu-ilmunya, dengan disertai penguasaan terhadap Ilmu-ilmu Syari'at dan ilmu-ilmu pendukungnya.
Dalam Fakultas ini terdapat jurusan-jurusan berikut:
A. Jurusan Fikih Sunnah
B. Jurusan Ilmu Hadits
Fakultas ini menawarkan gelar sarjana (S1) untuk Jurusan Hadits dan Study Islam, gelar master (S2), dan gelar doktor (S3) dalam disiplin ilmu yang ada.

5- Fakultas Bahasa Arab
Fakultas ini bertujuan untuk memperdalam Bahasa Arab, Ilmu-ilmunya, dan Sastra-sastranya, disertai dengan penguasaan terhadap berbagai Ilmu Syari'at dan Ilmu-ilmu pendukungnya.
Dalam Fakultas ini terdapat jurusan-jurusan berikut:
A. Jurusan Bahasa
B. Jurusan Balaghah dan Sastra
Fakultas ini menawarkan gelar sarjana (S1) Bahasa Arab, gelar master (S2), dan gelar doktor (S3) dalam disiplin ilmu yang ada.

Universitas Islam Madinah juga membawahi Program Pelatihan Bahasa Arab bagi yg belum mampu berbahasa arab, SMP, SMU, dan Darul Hadits Makkah.

Sumber: http://admission.iu.edu.sa/AboutIU.aspx

3 Fakultas Terbaru di Universitas Islam Madinah (UIM)

Fakultas Teknik
Fakultas Sains
Fakultas Computer dan Informatika   

Jalur ini mengharuskan kelengkapan syarat-syarat berikut:
• Ijazah SMU spesialisasi IPA atau yang setara dengannya
• Ijazah TOEFL dengan nilai minimal : 4.51 poin atau yang setara dengannya
• Ijazah keterampilan computer ICDL atau yang setara dengannya

* Untuk jenjang S1 belum ada penjurusan, mahasiswa S1 akan belajar materi-materi kuliah secara umum sesuai fakultasnya. Untuk memasuki jenjang S2 akan diadakan tes lagi untuk memilih jurusan.

Sumber : Santri Nabawi

__________________
Ikuti kami di FANSPAGE, klik : facebook.com/KONTENTERKINI
Baca Juga