Arif Mustakim, Polisi yang Gugur saat Amankan Pemilu, Naik Pangkat

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Arif Mustakim, Polisi yang Gugur saat Amankan Pemilu, Naik Pangkat

@KontenTerkini
Sabtu, 20 April 2019


KONTENTERKINI.COM - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono menaikkan pangkat salah satu anggotanya yang gugur saat bertugas mengawal proses Pemilu serentak 2019. Anggota yang disebut merupakan Brigadir Arif Mustakim, anggota Brimob Cikarang Polda Metro Jaya. 

Arif merupakan satu dari 9 anggota polisi yang gugur saat pengamanan Pemilu 2019. Dia menduga Arif gugur karena kelelahan.

"Yah memang ada, satu orang anggota kita khususnya di Polda Metro Jaya, ketika melaksanakan tugas di Polres Bekasi Kabupaten. Meninggal pada hari Jumat yang lalu. Mungkin yang bersangkutan kelelahan, kita bawa ke rumah sakit, tetapi tidak tertolong," ujarnya saat mengunjungi kantor KPU RI, Jakarta, Sabtu (20/4).

Sebagai bentuk penghargaan atas dedikasinya mengamankan pemilu 2019, Arif mendapatkan kenaikan pangkat, yang semula berpangkat Brigadir, menjadi Bripka (Brigadir Polisi Kepala).



"Kemudian sebagai wujud apresiasi daripada pimpinan Polri kepada yang bersangkutan, diberikan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi yaitu pangkat Anumerta, yang bersangkutan berpangkat Brigadir, naik menjadi pangkat kepala satu. Sebagai bentuk perhatian pimpinan, karena memang anggota kita gugur di dalam melaksanakan tugas," tuturnya.

Atas dasar itulah, Gatot menyambangi Kantor KPU, salah satunya untuk memastikan kondisi anggotanya. Sehingga jika ada anggota yang terindikasi kurang sehat saat bertugas, maka akan segera diberikan perawatan.

"Maka salah satunya sekarang saya melihat apakah ada anggota kita yang sakit dan sebagainya. Kalau sakit tentu kita akan mengambil langkah-langkah dengan mengirimkan dokter kita yang ada di RS Polri," ucap dia.

Sebelumnya, ada beberapa anggota Polri gugur dalam melaksanakan tugasnya mengamankan proses pemungutan suara di Pemilu 2019. Kesembilan anggota polisi tersebut yaitu:


  1. Brigjen Syaiful Zachri, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri, gugur akibat serangan jantung dalam tugas pasca Pemilu di Labuan Bajo, NTT.

  2. AKP Suratno, Panit Subdit II Ekonomi Ditintelkam Polda Kaltim, gugur karena sakit.

  3. Aiptu M. Saepudin, Bhabinkamtibmas Cilengkrang, Polsek Cileunyi, gugur karena kelelahan setelah mengawal distribusi kotak suara.

  4. Aiptu M. Supri, anggota Polresta Sidoarjo, gugur saat melaksanakan pengamanan di TPS 21 di Desa Bareng Krajan, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur.

  5. Brigadir Prima Leion Nurman Sasono, anggota Polsek Cerme Polres Bondowoso, gugur karena mengalami kecelakaan menuju TPS.

  6. Aipda Stef Pekualu, anggota Polres Kupang NTT, gugur saat tugas pengamanan Pemilu 2019.

  7. Bripka Ichwanul Muslimin, anggota Polres Lombok Tengah Polda NTB, gugur karena kecelakaan ketika menuju salah satu polsek untuk apel kesiapan pengamanan TPS.

  8. Brigadir Arif Mustaqim, anggota Brimob Cikarang Polda Metro Jaya, gugur saat pengamanan Pemilu 2019.

  9. Brigadir Slamet Dardiri, anggota Polsek Tosari Polres Pasuruan, gugur dalam kecelakaan saat pengamanan Pemilu 2019

  10. Bripka Mas Hadi, anggota Polres Indramayu, Jawa Barat, gugur saat pengamanan Pemilu 2019

  11. Brigadir Arie Andrian Winatha anggota Biro Ops, Polda Kalimantan Selatan, gugur dalam pengamanan Pemilu 2019.
Sumber : Kumparan

Ikuti kami di TELEGRAM : https://t.me/KONTENTERKINI | Ikuti kami di FANSPAGE : facebook.com/KONTENTERKINI

Baca Juga