Perolehan Suara PDI Perjuangan di Rembang Kalahkan PPP -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Perolehan Suara PDI Perjuangan di Rembang Kalahkan PPP

@KontenTerkini
Selasa, 30 April 2019
Perolehan Suara PDI Perjuangan di Rembang Kalahkan PPP

KONTENTERKINI.COM  - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diprediksi tetap menempati peringkat teratas perolehan suara di Kabupaten Rembang. Tetapi perolehan perolehan suara untuk pemilihan DPRD provinsi dan DPR RI, PPP kalah. Itu berdasarkan hasil hitungan suara yang dikumpulkan tim dari Jawa Pos Radar Kudus hingga kemarin. Masing-masing daerah pemilihan (dapil) di Kota Garam itu, PPP berhasil mengumpulkan antara delapan ribu sampai 22 ribu suara. 

Perolehan partai berlambang kakbah itu terbesar di dapil IV yaitu sekitar 22 ribu. Dapil itu ditempati petahana (kembali caleg) yang juga ketua DPRD Rembang saat ini Majid Kamil. Raihan suara itu terbanyak dari seluruh dapil.

Dari 45 anggota dewan Kabupaten Rembang, lebih dari setengahnya diprediksi diisi wajah baru. Hal itu melihat sejumlah petahana justru tumbang karena suaranya berkurang signifikan dibanding Pileg 2014 lalu.

Berdasarkan prediksi perolehan suara, PPP masih akan menguasai parlemen Kota Garam. Setidaknya, partai berlambang kakbah itu akan memiliki 10 kursi. Partai yang juga kuat yakni PKB, yang diprediksi memiliki 8 kursi. Disusul NasDem yang melejit dengan 7 kursi, serta PDIP dengan 6 kursi.

Adapun Partai Demokrat yang kini memiliki 7 kursi justru anjlok dengan hanya mendapatkan 4 kursi. Gerindra dan PKS masing-masing mendapatkan tiga kursi, Hanura dengan dua kursi, serta Golkar dan PAN masing-masing satu kursi. 

Ketua DPC PPP Majid Kamil saat dikonfirmasi mengungkapkan, secara keseluruhan perolehan suara partainya naik. Namun, putra kiai kharismatik KH. Maimoen Zubair itu tak merinci seberapa banyak kenaikan suara partainya. Meski naik, pihaknya tetap akan mengadakan evaluasi atas perolehannya itu.

”Belum lihat data yang sesungguhnya. Naik, juga akan kami evaluasi,” ujar sosok yang biasa tampil berkopyah itu kemarin.

Menjadi penguasa, pemilihan kursi legislatif Kabupaten Rembang tak menjamin untuk pemilihan legiltatif di provinsi dan pusat. Berdasarkan data yang dihimpun koran ini, ternyata PPP di tingkat pemilihan DPRD provinsi masih kalah jumlah perolehan suara. PPP masih kalah sekitar tiga ribu suara dari PDI Perjuangan.

Terkait hal itu, Gus Kamil menyebut masyarakat sudah pintar. Namun pihaknya tak menjelaskan apa yang dimaksud masyarakat sudah pintar.

Sementara itu, meski kembali menjadi partai pemenang, PPP sebenanya “hanya” unggul di empat dapil. Yakni II, III, IV, dan V. Sedangkan tiga dapil lain dikuasai partai lain. Di Kecamatan Kota Rembang, PKS justru mendapat mayoritas suara. Mereka berhasil mengumpulkan 11.302 suara. 

”Seingat saya, memang DPD PKS hanya memfokuskan di tiga dapil itu,” ujar Joko Suprihadi yang kini adalah caleg petahana PKS asal Kecamatan Kota itu.

Dua dapil lain yang dimaksud Joko mampu memperoleh suara yang lumayan banyak yakni di dapil II dan VI. Adapun dua dapil lain yang tak berhasil dimenangkan PPP, menjadi milik PKB. Keduanya yakni dapil VI dan dapil VII. Masing-masing, PKB mamperoleh suara 11.534 dan 12.097.

Sumber : Jawapos

________________________________
Ikuti kami di TELEGRAM, klik : https://t.me/KONTENTERKINI | Ikuti kami di FANSPAGE, klik : facebook.com/KONTENTERKINI
Baca Juga