PDIP Pamer Dominasi Pro-Jokowi di DPR: KIK Kuasai 60,7% Kursi DPR! -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

PDIP Pamer Dominasi Pro-Jokowi di DPR: KIK Kuasai 60,7% Kursi DPR!

@KontenTerkini
Senin, 29 April 2019
PDIP Pamer Dominasi Pro-Jokowi di DPR: KIK Kuasai 60,7% Kursi DPR!

KONTENTERKINI.COM - Kubu Jokowi-Ma'ruf Amin memamerkan perolehan suara koalisi di DPR. Berdasarkan hasil hitung cepat, partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) mencapai lebih dari 50%.

"Pemerintahan kedua Pak Jokowi tidak hanya makin efektif dan solid. Konfigurasi politik pun semakin matang, di mana legitimasi yang diberikan rakyat ke Jokowi-KH Ma'ruf Amin senafas dengan kuatnya dukungan di DPR," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis, Senin (29/4/2019).

Berdasarkan hasil quick count alias hitung cepat mayoritas lembaga survei, ada 5 parpol KIK yang memenuhi ambang batas parlemen (parliamentary threshold) 4%. Parpol-parpol itu adalah PDIP, Golkar, PKB, NasDem, dan PPP. Menurut Hasto, berdasarkan hasil internal quick count internal, KIK menguasai 60,7% kursi DPR.

"Simulasi berdasarkan quick count yang kami lakukan di setiap dapil DPR RI, maka Koalisi Indonesia Kerja setidaknya mendapatkan 349 kursi atau 60.7%. Suatu dukungan yang akan memperkuat sistem presidensial. Selamat buat Pak Jokowi-KH Ma'ruf Amin," ungkap Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf itu.

Hasto mengatakan hasil tersebut menunjukkan peningkatan kualitas demokrasi di Indonesia berupa optimisme hadirnya pemerintahan yang semakin solid dan efektif dengan koalisi yang dibangun matang jauh sebelum tahapan pemilu berlangsung. Untuk itu, ia meminta agar isu-isu kecurangan dalam pemilu disudahi.

"Kita juga tidak boleh menyia-nyiakan para pahlawan demokrasi yang telah gugur dalam tugas. PDI Perjuangan tidak hanya mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya, tetapi juga sudah menginstruksikan kepada Tiga Pilar Partai untuk memberikan penghormatan terbaik terhadap mereka yang telah gugur," kata Hasto.

"Jangan sia-siakan perjuangan mereka. Pak Jokowi-KH Maruf Amin telah menang. Rakyat Indonesia Menang. Saatnya merajut semangat persatuan," lanjutnya.

Berdasarkan hasil hitung cepat, Koalisi Indonesia Adil-Makmur pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang berhasil lolos ambang batas parlemen ada 4. Parpol-parpol itu adalah Gerindra, PKS, Demokrat, dan PAN.

Berikut ini hasil hitung cepat Charta Politika dengan 99,85% data telah masuk:

PDIP (19,93%)
Partai Gerindra (12,75%)
Partai Golkar (11,8%)
PKB (9,67%)
PKS (8,57%)
Partai NasDem (8,20%)
Partai Demokrat (7,71%)
PAN (6,97%)
PPP (4,73%)
Perindo (2,76%)
PSI (2,05%)
Partai Berkarya (2,02%)
Partai Hanura (1,79%)
PBB (1,02%)
Partai Garuda (0,53%)
PKPI (0,27%)

Toleransi kesalahan (margin of error) sebesar kurang-lebih 1%. Artinya, perolehan suara kandidat dari hasil quick count ini bisa bergeser ke atas atau ke bawah hingga 1%.

Sumber : Detik

________________________________
Ikuti kami di TELEGRAM, klik : https://t.me/KONTENTERKINI | Ikuti kami di FANSPAGE, klik : facebook.com/KONTENTERKINI
Baca Juga