2.595 DISABILITAS BAKAL NYOBLOS DI KABUPATEN MALANG -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

2.595 DISABILITAS BAKAL NYOBLOS DI KABUPATEN MALANG

@KontenTerkini
Minggu, 14 April 2019

KONTENTERKINI.COM - Kabar bahagia bagi kaum disabilitas yang ingin mencoblos di lingkup Kabupaten Malang. Pasalnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang sudah menyiapkan fasilitas kepada warga yang masuk dalam daftar pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPU) di lokasi masing masing para pemilih difabel.

Dari 111 desa yang ada di Kabupaten Malang, total 2.595 pemilih penyandang disabilitas di Kabupaten Malang diakui KPU bakal meramaikan pileg dan pilpres tahun 2019 ini. Dengan rincian total 1.058 pemilih tuna daksa, 377 orang pemilih tuna netra, 388 orang pemilih tuna rungu dan tuna wicara, juga 291 pemilih tuna grahita.

“Kami tidak menyiapkan TPU khusus, tapi semua TPU di Kabupaten Malang bisa diakses bagi pemilih difabel,” urai Komisioner KPU Kabupaten Malang, Sofi Rahma Dewi.

Jadi, kaum difabel bisa memilih di lokasinya masing-masing tanpa harus terkonsentrasi di TPS khusus disabilitas.

“Kami juga menyiapkan pendamping, tapi bisa juga pendamping dari keluarga atau petugas di TPS masing-masing,” papar Sofi.

Namun, jika membawa pendamping, para pendamping harus menandatangani form C3 yang sudah disiapkan panitia. Pemilu serentak seluruh Indonesia bakal diadakan pada 17 April 2019 mendatang.

Sumber : Radar Malang
Baca Juga