Kelor, Daun Ajaib dan Mistis yang Ternyata Laku Diekspor -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Kelor, Daun Ajaib dan Mistis yang Ternyata Laku Diekspor

@KontenTerkini
Senin, 25 Maret 2019
Kelor, Daun Ajaib dan Mistis yang Ternyata Laku Diekspor

Kontenterkini.com - Masyarakat mungkin tak awam lagi mendengar nama tumbuhan kelor. Tumbuhan yang biasanya digunakan untuk memandikan jenazah hingga dihubungkan dengan hal-hal mistis ini ternyata memiliki banyak manfaat.

Terakhir, kelor mulai dilirik pasar internasional. Misalnya saja di beberapa negara di Asia seperti Korea Selatan hingga Taiwan. Beberapa negara tersebut berebut mengimpor daun hingga biji kelor dari Indonesia yang diketahui kaya akan khasiat untuk kesehatan.

Beberapa penelitian menyebut kelor memiliki manfaat sebagai anti oksidan, mengandung vitamin A yang tinggi sehingga sangat bagi kesehatan mata. Selain itu, kelor dipercaya mampu mencegah penyakit jantung, anti kanker, mengatasi diabetes. Para ilmuwan pun menyebut kelor sebagai daun ajaib.

Namun, kelor sebenarnya sudah diekspor ke sejumlah negara di Asia sejak tahun 2017. Sementara data selama 1 Januari hingga 15 Maret 2019, Jawa Timur telah mengekspor sekitar 50.885 ton daun kelor ke berbagai negara Asia. Kelor pun dijual dengan harga 2,8 Dollar AS atau sekitar Rp. 39.200/kg.

"Ekspor kelor sebenarnya sejak tahun 2017. Untuk harganya sekitar 2,8 dollar AS atau hampir Rp 40 ribu," kata Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya Musyaffak Fauzi saat ditemui detikcom di Kantor Balai Karantina Pertanian Juanda, Sidoarjo, Senin (25/3/2019).

Musyaffak menambahkan daun kelor itu diekspor dalam bentuk kering. Sebagian besar, daun kelor ini digunakan untuk obat herbal karena memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi.

"Memang kandungannya baik untuk kesehatan. Kebanyakan akan diolah lagi untuk herbal," imbuh Musyaffak.

Tak hanya itu, di Jatim sendiri banyak daerah pemasok kelor. Misalnya saja paling banyak berasal dari Pasuruan, Pamekasan hingga beberapa kabupaten di Madura. Musyaffak menambahkan di beberapa daerah yang cukup kering, tanaman kelor pun banyak tumbuh dengan kualitas yang baik pula.

Sumber :Detik
Baca Juga