10.650 Personel Dikerahkan Amankan Pemilu Di Riau

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

10.650 Personel Dikerahkan Amankan Pemilu Di Riau

@KontenTerkini
Jumat, 22 Maret 2019
10.650 Personel Dikerahkan Amankan Pemilu Di Riau

Kontenterkini.com -  Sebanyak 10.650 personel gabungan dari Polda Riau, TNI, dan Pemprov Riau, dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu pada April mendatang. Pengamanan dimulai dari kampanye terbuka hingga perhitungan suara nantinya.

Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo mengatakan, kesiapan para personel dimulai dengan gelar apel pasukan yang dilakukan di halaman kantor Gubernur Riau, Jumat pagi (22/3). Diharapkan, para personel siap mengawal tiap tahanan pesta demokrasi agar berjalan aman dan lancar.

"Ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa TNI, Polri dan Pemprov siap mengamankan Pemilu di seluruh Riau. Mulai 24 Maret sudah kampanye terbuka dan menjadi tanggung jawab kami untuk mengamankannya," kata Widodo, Jumat (22/3).

Pada hari pencoblosan nantinya, puluhan ribu personel ini akan disebar ke sekitar 17 ribu Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Harapan kami, masyarakat pada saat pelaksanaan 17 April bisa datang ke TPS dengan senang dan tanpa tekanan karena yakin aparat mengamankan seluruh TPS yang digelar di Riau," sebutnya.

Diakui Widodo, belasan ribu TPS di Riau masuk dalam kategori tidak rawan. Meski begitu, pengamanan tetap dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Riau tidak seperti daerah yang lainnya. Alhamdulillah disini terbanyak tidak rawan. Tapi kami, kendala hanya geografis saja," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Muhammad Fadjar. Dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini, TNI turut membantu pengamanan.

"Unsur TNI siap membantu mengamankan. Kami yakinkan bahwa kami siap mendukung pelaksanaan Pemilu. Personel TNI ada 460 orang. Kalau dilihat, saya optimis. Tingkat kedewasaan berpolitik warga Riau lebih baik dibandingkan daerah lain," tegasnya.


Sumber : Jawa Pos
Baca Juga