Pemprov Sumbar Berencana Pulangkan Seratusan WN China -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Pemprov Sumbar Berencana Pulangkan Seratusan WN China

@KontenTerkini
Senin, 27 Januari 2020
xha2pprvpyicx136dxqa.jpg

KONTENTERKINI.COM - Banyaknya aksi protes warga atas kedatangan wisatawan China ke Sumatra Barat, baik secara langsung, dengan menggelar aksi ataupun di media sosial membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat berencana untuk mengambil tindakan dengan memulangkan para wisatawan China tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Sumatra Barat, Novrial, menyebutkan bahwa pihaknya saat ini masih berkoordinasi dengan travel agent yang mendatangkan wisatawan China tersebut.

“Kita koordinasikan dengan travel agent dulu, ini bukan otoritas pemprov untuk memulangkan wisatawan yang datang secara bisnis melalui travel agent,” ujarnya di Padang, Senin (27/01).

Novrial juga menegaskan bahwa kedatangan wisatawan China ini bukan program dari pemerintah. Mereka dibawa oleh PT. Marawa Corporate yang bekerja sama dengan Coco’s Tour.

“Jadi, pemerintah cuma menyambut saja, tentu kita akan koordinasikan dengan travel agent, tamu ini kan milik mereka, tentu mereka yang lebih paham,” ungkapnya.

Selain itu, kata Novrial, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan sejumlah daerah yang diketahui juga menolak kedatangan wisatawan China ke daerah mereka.


Lalu, terkait penyambutan wisatawan China di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) kemarin, Novrial mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari keramahtamahan Pemprov Sumbar dengan adanya tamu dari luar negeri.

Gubernur dan juga sejumlah bupati serta wali kota, diminta pihak travel agent untuk memberikan sambutan kepada wisatawan yang datang.

Menurut Novrial, penolakan terhadap wisatawan China bukanlah terkait persoalan etnis. Hanya saja, kedatangan mereka di waktu yang tidak tepat, ketika hebohnya penyebaran virus Corona. Itu yang menjadi ketakutan di tengah-tengah masyarakat.

“Ini karena malang saja, masalah momen sebenarnya. Mereka datang, virus Corona sedang garang,” katanya.

Sumber : Kumparan

________________

Follow Kami di Facebook, klik : facebook.com/KONTENTERKINI || Follow Kami di Instagram, klik : instagram.com/KONTENTERKINI || Follow Kami di Twiter, klik : twiter.com/OPPOSISI
Baca Juga