Muhammadiyah Tegaskan Cina Renggut Kebebasan Beragama Muslim Uighur

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Muhammadiyah Tegaskan Cina Renggut Kebebasan Beragama Muslim Uighur

Hasan Faqod
Selasa, 17 Desember 2019

KONTENTERKINI.COM - Jakarta – PP Muhammadiyah tegas menolak dan melawan segala bentuk pelanggaran HAM, termasuk terhadap Muslim Uighur di Xinjiang, Cina.

“Kami Mendesak pemerintah Tiongkok (Cina) agar menghentikan segala bentuk pelanggaran HAM, khususnya kepada masyarakat Uighur atas dalih apapun,” ujar Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Dr Abdul Mu’ti membacakan sikap resmi organisasinya di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019).

Hal yang paling mendasar dari pelanggaran HAM oleh pemerintah China adalah merenggut kebebasan menjalankan Agama Islam bagi etnis Uighur.

“Bukan hanya itu, masyarakat Uighur juga dilarang menampakkan keislamannya seperti berjilbab dan berjenggot,” jelas Abdul Mu’ti

Menurutnya, pemerintah Tiongkok hendaknya menyelesaikan masalah Uyghur dengan damai melalui dialog dengan tokoh-tokoh Uyghur. Selain itu, ia mengimbau agar pemerintah memberikan kebebasan kepada Muslim untuk melaksanakan ibadah dan memelihara identitas.

“Muhammadiyah juga meminta China untuk lebih terbuka dalam memberikan informasi dan akses masyarakat internasional mengenai kebijakan di Xinjiang dan Masyakarat Uighur,” pungkasnya.


Sumber : Kiblat.Net

Ikuti kami di FANSPAGE, klik : facebook.com/KONTENTERKINI
Follow Kami di INSTAGRAM, klik : www.instagram.com/kontenterkini/
Baca Juga