Ingin Do'a Anda Dikabulkan? Berikut 8 Waktu Dikabulkannya Do’a Seorang Hamba

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Ingin Do'a Anda Dikabulkan? Berikut 8 Waktu Dikabulkannya Do’a Seorang Hamba

@KontenTerkini
Senin, 26 Agustus 2019

KONTENTERKINI.COM - Berdoa adalah salah satu cara menenangkan jiwa ,tempat dimana seorang hamba lebih dekat dengan sang penciptaNya .Doa adalah  jalan dari sebuah harapan, dan doa adalah senjata umat muslim, jadi jangan pernah ragukan kekuatan doa.
 
Berdoa mungkin bisa kapan saja dilakukan ,namun kita harus mengetahui juga  ada beberapa waktu di mana saat itu adalah saat yang paling mustajab untuk berdoa yang terdapat dalam berbagai hadits shahih .

1. Di saat selesai sholat fardlu
     Dari Abu Umamah ra, Sesungguhnya Rasulullah saw ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah swt, beliau menjawab , _Dipertengahan malam yang akhir dan setiap selesai shalat fardhu." ( HR. Tirmidzi ).

Melaksanakan shalat fardhu adalah bukti dari ketaatan seorang hamba, di saat itulah waktu yang terbaik untuk berdoa ,insya Allah' akan diijabah oleh Allah swt .

2. Malam Qadar
     Aku bertanya kepada Rasulullah,  "Wahai Rasulullah , menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan Malam  Qadar?
Nabi saw bersabda :  Berdoalah Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul   'afwa fa' fu' anni  (ya Allah sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku".) ( HR.. Tirmidzi Ibnu Majah ).

    Adanya malam yang paling dicari dan dinantikan seluruh umat muslim dibelahan dunia manapun ,dimana beribadah pada malam inilah lebih baik dari seribu bulan dan juga malam dimana Al-Qur'an diturunkan, bukan hanya itu ,  Malam Qadar juga adalah saat yang paling mustajab untuk berdoa dan meminta kepada Allah swt .

3. Adzan Berkumandang.
    Rasulullah saw bersabda:
"Doa tidak tertolak pada dua waktu , atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya . Yaitu ketika akan berkumandang dan saat perang berkecamuk , ketika kedua kubu saling menyerang " ( HR .Abu Daud ).
Disaat adzan berkumandang juga adalah saat terbaik untuk berdoa kepada Allah swt , bahkan dikatakan dalam hadits bahwa doa tsb tidak akan tertolak atau kecil peluang tertolaknya .

4. Waktu Antara Adzan dan Iqamah.
    Rasulullah saw bersabda
"Doa antara Adzan dan Iqamah tidak tertolak". ( HR.Tirmidzi no 212).
Bukan hanya saat adzan berkumandang saja ,namun waktu jeda antara adzan dan Iqamah juga waktu terbaik untuk berdoa .

5.Waktu Turun Hujan
 Rasulullah saw bersabda:
"Doa tidak tertolak pada dua waktu yaitu ketika adzan berkumandang Dan ketika hujan turun." ( HR. Al-Hakim,25,34 ,dishahihkan Al - Albani di shahihkan Al Jami' 3078).

Banyak yang belum tahu jika hujan turun adalah waktu yang paling mustajab untuk berdoa karena hujan adalah rahmat dari Allah swt untuk umatnya.

6. Sujud dalam sholat.
     Saat sujud adalah saat terdekat antara hamba dan Tuhannya ,ya ,saat sujud itulah waktu yang paling mustajab untuk berdoa .
Hal ini dikukuhkan oleh hadist berikut :
" Seorang hamba yang paling dekat dengan Rabbnya ialah ketika ia sedang bersujud .Maka perbanyaklah berdoa ketika itu."( HR.Muslim no 482).

7. Sepertiga Malam Yang Terakhir.
Dalam sebuah hadist,
"Rabb kita turun ke langit  dunia pada sepertiganya  yang akhir pada setiap malamnya , kemudian berfirman : "di Orang yang berdoa kepada Ku akan aku kabulkan ,Orang yang meminta sesuatu kepada Ku akan kuberikan , Orang yang meminta ampunan dariKu  akan Ku ampuni." ( HR.Bukhari no 1145 dan Muslim no 758 )

Beribadah di sepertiga malam disaat sebagian orang sedang menikmati tidurnya adalah bentuk ketaatan kepada Allah swt dengan menghadang kantuk dan dinginnya malam yang menusuk  , Berdoa disaat ini ,doanya dikabulkan oleh Allah swt.

8.Hari Jum'at.
       Hari Jum'at adalah hari penuh berkah ,dimana hari ini juga adalah waktu paling mustajab untuk berdoa seperti yang dijelaskan pada hadist berikut :
"Rasulullah saw menyebutkan tentang hari Jum'at , kemudian beliau bersabda : Didalamnya terdapat waktu ,jika seseorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta. Lalu beliau mengisyaratkan  dengan tangan nya , tentang kebenaran waktu  tersebut.( HR .Bukhari 935 ,dan Muslim 852 ).

 Itulah deretan waktu yang paling mustajab untuk berdoa yang terdapat di dalam  berbagai hadits shahih. Semoga kita dapat mengamalkan apa yang sudah kita ketahui dan dapat memberikan manfaat bagi orang yang ada di sekitar kita. Wallahu a’lam bis shawab.
Sumber: Nashaihul ibad (nasehat 2 untuk seorang hamba)
Karya: syekh nawawi al bantani

Oleh : Ahmad Dzulfikri Nasution (Mahasiswa sebi Jurusan hukum ekonomi syari’ah)

__________________
Ikuti kami di FANSPAGE, klik : facebook.com/KONTENTERKINI
Baca Juga