7 Tips Mmenejemen Waktu Pada Bulan Ramadhan -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

7 Tips Mmenejemen Waktu Pada Bulan Ramadhan

@KontenTerkini
Senin, 20 Mei 2019
KONTENTERKINI.COM - Waktu yang terdiri dari siang dan malam adalah laksana modal dalam perniagaan. Jika disia-siakan, maka ia akan merugi. Apalagi Ramadhan merupakan waktu-waktu yang terbatas, dan belum tentu umur kita disampaikan pada Ramadhan yang akan datang.

Ada beberapa amal yang akan dibicarakan dalam program ini, yakni berupa amal yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam selama bulan Ramadhan. Adapun pembagian waktu dalam program ini didasarkan kepada program Rabbani yakni, program yang telah diatur oleh Allah Ta’ala melalui kewajiban shalat lima waktu dalam sehari semalam.

Pada bulan Ramadhan, pastinya ada beberapa penyesuaian yang harus kamu lakukan untuk beraktivitas. Selain itu di bulan yang penuh berkah ini, kamu pasti mau memperbanyak ibadah untuk mendapatkan pahala sebanyak mungkin. Tapi, bagaimana cara mengatur waktu yang baik agar aktivitas bulan puasa tetap lancar, juga menambah pahala? Delapan cara berikut ini memberikan langkah mudah bagaimana mengatur waktu di bulan puasa. Penulis Menguraikan 7 Cara Memenejemen waktu di bulan ramadhan :

 7 Tips Mmenejemen Waktu Pada Bulan Ramadhan


  • Tentukan niat awal

Berpuasa adalah ibadah wajib dalam rukun Islam. Jadi niat untuk berpuasa harus datang dari keikhlasan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jika sudah ikhlas, melakukan hal apa pun akan menjadi ringan.

  • Atur waktu ibadah

Meski sedang berpuasa, bukan berarti kamu bisa leyeh-leyeh manja tanpa melakukan apapun. Kamu tetap bisa bekerja, berkumpul dengan keluarga, atau melakukan aktivitas harian lainnya. Nah, supaya semuanya bisa berjalan seimbang, cobalah untuk mengatur waktu ibadah dengan hubungan kepada manusia, seperti bekerja tadi. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak melakukan apa pun.

  • Membuat jadwal ibadah pelengkap

Setelah membuat tujuan selama berpuasa itu, kemudian yang harus kamu lakukan adalah dengan mengatur waktu tertentu setiap hari untuk membaca Al-Quran, atau melancarkan hafalan asmaul husna tadi. Pada pukul berapa dan selesai pukul berapa kamu mulai membaca .

  • Gunakan waktu Untuk bermunajat(Derdoa)

Waktu yang sangat Mustajab ketika berdoa kepada allah Swt. Karena pada bulan suci ramadan ini semua doa orang yang berpuasa di kabulkan oleh allah.  “Dan Tuhan kalian berfirman : Berdoalah kepada-Ku, pasti Aku kabulkan Doa kalian. “(Ghafir:60)

  • Gunakan waktu setelah sahur dan jadwal baca Al-Quran 

Waktu setelah shalat subuh bisa kamu maksimalkan dengan membaca Al-Quran ini dimaksudkan agar tujuan ingin menghatamkan Al-Quran tepat selama 30 hari dapat tercapai. Kamu bisa mengajak anggota keluarga yang lain untuk membuat jadwal membaca Al-Quran. Karena dengan cara ini, semangatmu untuk menghatamkan Al-Quran jadi lebih besar.

  Imam Assyafi’I Rohimahullah, ketika memasuki bulan suci Ramadhan Ia dalam sehari, 2kali Menghatamkan Alquran dan dalan satu bulan 60 kali hatam subhanallah,  sedangkan Imam Malik Rohimahullah,  ketika memasuki bulan Ramadan meninggalkan semua aktivitas keilmuan atau memberikan fatwa, semua ia tinggalkan hanya untuk nengisi Waktu di bulan Ramadan untuk memperbanyak membaca Alquran.

Manfaat besar bagi yang berpuasa dan membaca Alquran “Ia akan mendapatkan Syafaat pada hari Qiyamat.

  • Gunakan waktu untuk solat Sunah

Waktu malam atau siang adalah waktu yang sangat tepat untuk menambah amalan amalan kita pada bulan Ramadhan ini.  Terutama soalat malam seperti Trawih, tahajjud, dan withir (itikaf) .  Begitu juga pada siang hari ada solat Duha dan lain sebagainya. Dalam hadits Rasulullah Saw.  “Barang siapa yang menghidupkan malam ramadan dengan salat dilaksanakan penuh rasa keimanan dan keikhlasan, akan di ampuni dosanya yang telah berlalu. “ (Muttafaqun alaih)

  • Jaga kesehatan

Agar segala jadwal bisa terlaksana dengan baik, kamu juga harus menjaga kesehatan. Rehat dari media sosial

Supaya ibadahmu fokus dan tidak terganggu, alihkan keinginanmu dari update status dengan menarik diri dari media sosial. Coba deh, pasti kamu gak nyangka bisa hidup tanpa media sosial, girls!

Jangan makan-makanan yang berakibat pada tidak lancarnya berpuasa seperti, terlalu banyak minum es, makanan berminyak, dan kurang minum air putih.

Wallahualam bishoab…

Oleh : Sahdan M. Sahidin (Mahasiswa STEI SEBI)

__________________
Ikuti kami di FANSPAGE, klik : facebook.com/KONTENTERKINI
Baca Juga