Jokowi: Perkembangan Virus Corona Dipengaruhi Musim dan Cuaca Saat Ini -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Jokowi: Perkembangan Virus Corona Dipengaruhi Musim dan Cuaca Saat Ini

@KontenTerkini
Sabtu, 30 Mei 2020
Jokowi: Perkembangan Virus Corona Dipengaruhi Musim dan Cuaca Saat Ini

KONTENTERKINI.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan sejumlah aspek yang akan dihadapi terkait sebaran virus Corona (COVID-19) menjelang arus mudik 2020. Jokowi menilai cuaca sebagai salah satu aspek yang berpengaruh.

"COVID-19 ini kalau kita lihat dengan musim yang ada sekarang, cuaca juga sangat mempengaruhi perkembangan COVID-19 ini," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Bogor seperti yang disiarkan pada YouTube Setneg, Kamis (2/4/2020).

Kemudian Jokowi meminta agar aspek pergerakan orang juga diperhatikan. Dia menegaskan kedisiplinan menjaga jarak juga bisa memberi pengaruh besar dalam menekan penyebaran virus Corona tersebut.

"Kemudian intervensi di tengah pembatasan pergerakan orang dan skenario jaga jarak aman ini sesuai protokol dengan kedisiplinan kuat akan memberi pengaruh yang besar terhadap jumlah yang positif," ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyebut harus ada intervensi bantuan perlindungan sosial terkait wabah virus Corona ini. Menurutnya, aspek ini bisa membantu dalam bertahan menghadapi wabah Corona di Indonesia.

"Saya melihat bantuan perlindungan sosial, stimulus ekonomi akan sangat membantu sekali dalam bertahan, terutama di Ibu Kota," ujar Jokowi.

Jokowi juga meminta masyarakat RT/RW turut berpartisipasi memberlakukan ODP terhadap pemudik yang baru pulang dari Jabodetabek.

"Pengawasan di daerah utamanya di level kelurahan dan desa, kita ingin mendorong partisipasi di tingkat komunitas baik itu RT maupun RW sehingga pemudik yang pulang dari Jabodetabek bisa diberlakukan sebagai orang dalam pemantauan (ODP) sehingga harus menjalankan isolasi mandiri," pungkasnya.

Sumber : Gelora
Baca Juga