Tandingi No Hijab Day, Gerakan Menutup Aurat 2020 Akan Digelar di 53 Daerah -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Tandingi No Hijab Day, Gerakan Menutup Aurat 2020 Akan Digelar di 53 Daerah

@KontenTerkini
Rabu, 12 Februari 2020

KONTENTERKINI.COM - Jakarta – Gerakan Menutup Aurat (GEMAR) akan kembali digelar. Kali ini, gerakan yang dimulai pada 2012 ini akan dilaksanakan bergiliran di 53 daerah di Indonesia dan berpusat di DKI Jakarta.

Project Officer GEMAR 2020, Alawiyah Tuti mengaku bersyukur dapat menjadikan Jakarta sebagai pusat pawai besar Gerakan Menutup Aurat.  Ia mengatakan bahwa aksi utama tahun ini akan digelar di Car Free Day Sudirman, Jakarta pada Minggu (16/02/2020) dengan estimasi massa 1.000 orang.

“Selain itu, sudah ada dua Pemerintah Kota yakni Pemkot Padang dan Pemkot Palopo yang mendukung Gerakan Menutup Aurat tahun ini. Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena kampanye ini akan dilakukan selama bulan Februari dan kami yakin pemerintah daerah yang terlibat dalam Gerakan Menutup Aurat ini akan bertambah setiap tahunnya,” ujar Alawiyah Tuti melalui keterangan tertulis pada Rabu (12/02/2020)

Ketika ditanyakan keterkaitan GEMAR 2020 dengan No Hijab Day yang dilakukan pada awal Februari lalu, Alawiyah hanya menanggapi dengan santai, “No Hijab Day itu justru merupakan respon dari orang-orang yang menutup aurat, terutama Gerakan Menutup Aurat atau biasa dikenal dengan World Hijab Day,”

Hal ini juga diamini oleh salah satu panitia GEMAR 2020, Retno Wulandari. Ia menuturkan bahwa memang benar GEMAR sudah ada beberapa tahun lebih dulu sebelum isu no hijab day mencuat di masyarakat.

“Gerakan Menutup Aurat lahir atas dasar kepedulian terhadap sesama perempuan muslim. Saling memberikan hadiah berupa jilbab, juga melanjutkan syiar bahwasannya kewajiban menutup aurat pada seluruh muslim sudah menjadi kesepakatan final para ulama salaf dan tidak ada perbedaan pendapat selain pada perbedaan batasan-batasan auratnya saja. Kami juga berusaha meluruskan informasi-informasi keliru terkait kewajiban menutup aurat di masyarakat,” tutur Retno.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, GEMAR tahun ini juga akan diawali dengan mabit di salah satu masjid di daerah Sudirman, lalu paginya dilanjutkan dengan longmarch menuju tempat acara yang ada di Car Free Day.

Rencananya, Gemar akan digelar di berbagai daerah. Dimulai dengan 14 Februari di Manokwari dan Ambon, hingga 1 Maret di Palembang.

Sumber : Kiblat Net
Baca Juga